Catatan Terupdate Setiap Hari

Tulisan Berisi Info Yang Bermanfaat bagi pembaca nya

Breaking

Kamis, 06 Februari 2020

6 Cara Merawat Rantai Motor Biar Abadi Dan Tahan Lama

 Rantai merupakan komponen motor yang sangat vital 6 CARA MERAWAT RANTAI MOTOR AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

Rantai merupakan komponen motor yang sangat vital. Rantai berfungsi untuk menggerakan roda belakang dari mesin atau sebagai media transfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Rantai sering kali diabaikan dan dianggap remeh oleh pengguna motor, padahal kerusakan pada rantai sanggup mengakibatkan problem serius pada motor Anda. Misalnya ketika Anda dalam perjalan tiba-tiba rantai motor Anda putus di tengah jalan yang sepi dan tidak ada bengkel alasannya yaitu kelalaian Anda dalam merawatnya.
        Rantai bukanlah benda yang sanggup Anda pakai selamanya, rantai juga mempunyai batasan usia dimana Anda wajib menggantinya kalau memang fungsinya tak lagi optimal. Namun, tips-tips berikut ini sanggup membantu Anda supaya rantai motor Anda berusia lebih lama.


1. Gunakan Pelumas (chain lube)
         Rantai motor yang kondisinya kering dan kotor sangat berpotensi menimbulkan tergerusnya lapisan gear secara cepat, sehingga menimbulkan gear lebih cepat habis dan rantai rawan putus. Gunakan pelumas rantai (chain lube) khusus motor untuk mengurangi ukiran tersebut, juga untuk menghilangkan suara ukiran yang mengganggu ketika rantai dalam kondisi kering dan kotor. Chain lube juga sanggup membersihkan kotoran yang melekat pada rantai dan gear, cara ini tidak mengecewakan efektif untuk kebersihan rantai.Tetapi, kalau Anda memakai oli mesin, disarankan untuk memakai oli mesin yang baru, alasannya yaitu higienis dari kandungan besi, tidak menyerupai oli bekas yang biasanya sudah mengandung kotoran dan “gram” (besi sisa keausan mesin motor) dan malah sanggup menggerus permukaan gear dan rantai lebih cepat.


2. Atur Keregangan
        Rantai yang terlalu tegang/kencang ataupun terlalu kendur/menggantung juga mempunyai dampak yang kurang baik bagi rantai dan gear. Apabila rantai terlalu kencang, sanggup menimbulkan rantai putus, dan kalau rantai terlalu kendur sanggup menimbulkan lepasnya rantai dari gear serta memungkinkan terlilitnya rantai pada tromol ban yang berakibat fatal. Disarankan untuk memilih tinggat kerenggangan rantai dengan jarak ayunan rantai pada perbedaan posisi sekitar 0,5cm-1cm. Jarak ayunan rantai tersebut akan membantu rantai untuk lebih gampang 'menyatu' dengan gear, dengan begitu rantai sanggup menyesuaikan gerakan secara otomatis.


3. Harus Sejajar
       Letak gear depan dan gear belakang yang kurang sejajar pun sanggup mempengaruhi penggunaan rantai motor. Pengaplikasian gear pada motor diharuskan melekat tepat dan disesuaikannya bosh (karet peredam getar) yang sesuai biar gear sanggup menjadi jalur rantai yang baik ketika bekerja. Dengan lurusnya posisi antara gear dan rantai, maka sangat membantuk rantai untuk bergerak secara benar pada jalurnya, sehingga masa pakainya pun sanggup lebih awet. Penambahan bosh besi pasa besi sumbu roda (as roda) sanggup dijadikan salah satu cara untuk mensejajarkan posisi kedua gear.


4. Gaya Berkendara
        Ini memang berkaitan dengan gaya berkendara tiap individu, tetapi terlepas dari perbedaan itu, disarankan untuk memperhalus perpindahan transmisi ketika akselerasi biar sanggup mengurangi hentakan yang terjadi pada rantai dan gear. Dengan terjadinya proses perpindahan transmisi yang halus, berarti juga mengurangi tekanan yang diterima oleh gear dan rantai. Walaupun dianggap masuk akal alasannya yaitu proses yang terjadi normal adanya, tetapi hal ini sekaligus mengajari kita bagaimana cara berkendara secara profrsional. Cara ini sanggup digunakan dengan syarat kondisi fungsi kopling yang normal, jadi kita sanggup mengoptimalkan hubungan antara kedua penggalan motor tersebut.


5. Gunakan Spareparts Berkualitas
        Lagi-lagi ketahanan dan awetnya suatu suku cadang yang digunakan memang diukur dari penggunaan materi suku cadang yang berkualitas nomer satu. Untuk mendapat kepuasan pemakaian, memang diharuskan memakai suku cadang pabrikan yang memang dibentuk sesuai dengan spesifikasi motornya. Selalu gunakan suku cadang berkualitas untuk motor Anda demi daya tahan dan performa terbaik motor Anda.


6. Bersihkan Kotoran
        Tanpa Anda sadari, terlebih sepeda motor yang tidak memakai tutup rantai, kotoran sanggup melekat di sela-sela rantai baik debu, lumpur, atau serpihan lain yang melekat di pelumas rantai. Bila dibiarkan, kotoran tersebut mengakibatkan rantai cepat kering, berkarat, dan cepat aus alasannya yaitu getas. Sangat disarankan untuk rajin membersihkan kotoran tersebut. Paling tidak tiga bulan sekali -kalau sanggup setiap bulan. Setelah rantai higienis dari kotoran, berikan chain lube secukupnya untuk melumasi rantai motor Anda.


Perlu diperhatikan, menyerupai yang sudah dijelaskan diatas bahwa rantai juga mempunyai batasan usia. Walaupun Anda sudah mempraktekkan tips-tips di atas, namun ada saatnya rantai motor Anda perlu diganti dengan yang baru. Tips-tips diatas bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja rantai motor Anda dan menciptakan usia pakainya lebih usang dibandingkan rantai yang minim perawatan atau tidak dirawat sama sekali.

Dikutip dari aneka macam sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar