Catatan Terupdate Setiap Hari

Tulisan Berisi Info Yang Bermanfaat bagi pembaca nya

Breaking

Senin, 13 Januari 2020

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Tidur Berjalan

Sleepwalking atau tidur berjalan ternyata merupakan sebuah penyakit.Selam ini banyak orang yang tak mengetahui penyebabnya dan menghubungkannya dengan hal mistis.Padahal, jika anda memeriksakannya secara medis, anda bisa mendapat alasan pasti mengapa sleepwalking bisa terjadi. Beberapa diantaranya bisa disebabkan oleh stress yang berlebihan yang dialami seseorang. Bisa juga karena rasa lelah yang berkepanjangan meski telah menghabiskan waktu dengan tidur. Mencari tahu bagaimana cara mengobati penyakit tidur berjalan ini tentu dibutuhkan. Selain membuat tidur lebih nyenyak, tubuh juga akan terasa lebih segar di keesokan harinya.

Penyakit tidur ini juga disebut dengan somnabulisme. Kondisi dimana bangunnya tubuh seseorang dan berjalan atau melakukan aktivitas lain dalam keadaan tidur. Biasanya sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa.Penyakit ini memang tak membutuhkan penanganan serius dimana anda bisa mencoba menerapkan pengobatan seperti pada ulasan berikut.
Cara Mengobati Penyakit Tidur Berjalan dengan Mudah
1. Penanganan Penyakit yang Mendasar
            Cara yang pertama untuk mengobati penyakit tidur berjalan adalah dengan penanganan penyakit yang mendasari. Mereka yang mengalami GERD, Obstruktif Sleep Apneu, PTSD hingga serangan panik harus ditangani dengan baik.Hal ini bertujuan agar penyakit tidur berjalan tidak lagi terjadi secara berulang.
2. Terapi Hipnotis
            Melakukan terapi juga bisa menjadi salah satu cara mengobati penyakit tidur berjalan. Apalagi kita tahu bahwa terapi akan memberi rasa tenang atau rileks pada tubuh. Dengan begitu, mereka yang mengalami sleepwalking ini bisa merasa lebih rileks sebelum tidur.Biasanya diperlukan penanganan dari tenaga professional agar bisa menanamkan sugesti dan hipnotis.
3. Konseling
            Pernahkah anda melakukan konseling? Baik orang dewasa maupun anak-anak bisa melakukan cara mengobati penyakit tidur berjalan ini dengan konseling. Tentu dengan cara yang berbeda mengingat usia yang juga jauh berbeda. Konseling dan wawancara psikologis memang diperlukan untuk bisa menangani keluhan psikologis yang dimiliki. Misalnya saja seperti stress, ansietas dan lain sebagainya.
4. Obat-Obatan
            Menyembuhkan sleepwalking memang bisa menggunakan obat-obatan.Tetapi harus sesuai dengan resep dokter dan tidak sembarangan. Obat-obatan yang sesuai akan sangat membantu jika digunakan dengan tepat. Pengobatan dilakukan dengan golongan benzodiazepin, antidepresan trisiklik dan obat-obatan lainnya yang diberikan sesuai dengan indikasi.
5. Bangun dengan Antisipasi
            Ada yang berbeda dengancara ini jika dibandingkan dengan cara lainnya. Cobalah meminta tolong kepada anggota keluarga lain apabila anda mengalami sleepwalking. Mintalah mereka untuk membangunkan anda 15 menit sebelum waktu terjadinya sleepwalking. Jika yang terjadi pada anak-anak, maka anda bisa membangunkan mereka dengan secara perlahan, 15 menit sebelum terjadi sleepwalking.Setelahnya, biarkan bangun 5 menit dan tidur kembali. Cara ini akan mengubah pola tidur untuk menghilangkan sleepwalking.
            Penyakit tidur berjalan harus diatasi sesegera mungkin meski tak membutuhkan penanganan khusus. Sebab, jika kondisinya terus terjadi tentu dirasa berbahaya. Mereka bisa berjalan tanpa sadar ketika tidur dan melakukan hal yang tidak disadarinya seperti membuka pintu, jendela atau bahkan keluar rumah. Untuk menghindari risiko terburuknya, buatlah lingkungan yang aman dan bebas dari beda berbahaya atau benda tajam lainnya. Jika memungkinkan, tidurlah di lantai kamar. Pasang alarm atau bel pada pintu kamar juga bisa membantu.
            Cara mengobati penyakit tidur berjalan juga bisa dilakukan dengan berusaha berpikiran positif. Hal ini dikarenakan pikiran positif bisa membuat seseorang nyaman saat tidur. Penyakit ini termasuk penyakit yang bisa diatasi dan hilang dengan sendirinya. Tak perlu takut atau cemas berlebihan jika menemukan dan mengalami kondisi sleepwalking. Anda bisa mecoba cara yang sudah disebutkan di atas untuk mengatasinya.

Sumber :
www.honestdocs.id
www.hellosehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar