Catatan Terupdate Setiap Hari

Tulisan Berisi Info Yang Bermanfaat bagi pembaca nya

Breaking

Rabu, 21 Maret 2018

Tips Bisnis Pakaian di Rumah

Pandangan umum bahwa tempat yang strategis menjadi faktor penunjang utama suksesnya bisnis. Pendapat tersebut tepat sekali karena berbisnis atau berjualan tempatnya harus mudah ditemui oleh banyak orang. Kita bisa melihat para pedagang yang berjualan makanan di depan sekolah selalu laris manis. Begitu juga yang jualan pakaian di pinggir jalan yang ramai, usahanya lancar, kenapa? Karena konsumen mudah untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Lalu bagaimana dengan orang yang tidak memiliki tempat tinggal yang strategis, padahal usaha baru dimulai dengan modal yang tidak banyak. Apakah harus sewa tempat ?


Menyewa tempat untuk mendapatkan tempat yang lebih strategis adalah keputusan yang baik. Namun perlu dipertimbangkan juga biaya tambahan yang harus dikeluarkan yang jumlahnya tidak sedikit. Zaman sekarang harga sewa bangunan di tempat yang strategis sangatlah mahal. Untuk usaha yang baru mulai dengan modal yang pas-pasan tentunya pilihan ini kurang bijak. Apalagi belum bisa dipastikan tingkat keberhasilan usaha yang akan dijalani. Lebih baik menghindari menyewa tempat dan modal yang dimiliki lebih baik dioptimalkan untuk pengadaan barang-barang yang mau dijual. Lalu bagaimana dengan tempat yang diperlukan untuk memasarkan barang yang mau dijual ? Mengapa kita tidak memulai bisnis itu dari rumah ? Walaupun rumah kita tidak berada di lokasi strategis bahkan ada di ujung gang kecil.

            Bisnis bisa dilakukan di dalam rumah kita sendiri, salah satu bisnis yang bisa dikerjakan di rumah adalah menjual pakaian jadi. Untuk mengatasi problem tempat yang tidak mudah dijangkau dan dilihat oleh orang banyak, memang diperlukan trik tersendiri. Misalnya dengan membuat brosur yang diedarkan di tempat ramai, promosi online misalnya via Face Book, membuat web. Atau dengan cara membuat jaringan dan bekerjasama dengan orang lain yang mau menjualkan pakaian  dengan sistem bagi hasil. Bisa juga kita langsung turun tangan menawarkan pada konsumen door to door atau memanfaatkan acara-acara umum.

            Memulai bisnis dari rumah bisa memangkas biaya yang cukup besar, sehingga dengan modal sedikit usaha ini bisa dimulai. Berapa perkiaraan modal yang harus dimiliki. Menurut perhitungan saya dengan modal 1 juta kita bisa memulai bisnis ini. Atau anda tidak punya modal sebesar itu ? jangan kecil hati. Saat ini banyak produsen pakaian jadi yang menyediakan katalog produk. Apabila kita tidak memiliki modal yang besar untuk memulai usaha pakaian, cukup dengan membeli katalog ini harganya berkisar antara Rp. 5000 – Rp. 8000. Langkah awal dengan menawarkan katalog ini pada calon konsumen, setelah terkumpul jumlah pesanan baru kita membeli produknya. Dengan cara seperti ini maka kita tidak menanggung resiko barang tidak laku. Cari produsen pakaian yang menetapkan syaratnya tidak berat, misalnya tidak menetapkan angka penjualan tertentu. Karena kalau ada target penjualan menjadi beban bagi kita. Cari juga produsen pakaian yang memberikan discount maximal sampai 40 % atau minimal 30 %.  Dengan demikian kita bisa meraih keuntungan yang lumayan.

            Apabila kita sudah punya modal yang memadai maka lebih baik kita punya stok barang yang sudah ada. Supaya pembeli bisa lebih tertarik dengan memilih langsung. Usaha pakaian di rumah ini cukup menjanjikan, karena permintaan akan pakaian selalu ada. Untuk kelancaran usaha ini perlu dipertimbangkan langkah-langkah berikut :

Langkah pertama, mempelajari permintaan pasar yang paling potensial. Tidak semua jenis model pakaian disukai, demikian juga dengan pemilihan warna dan ukuran. Dengan demikian barang jualan kita akan selalu habis. Hal ini sangat penting untuk menghindari penumpukan barang, sehingga modal yang sedikit bisa terus berputar.

Langkah kedua, membangun jaringan. Yaitu orang-orang yang bisa diajak kerjasama untuk memasarkan pakaian dengan jangkauan yang lebih luas. Mereka perlu dibekali dengan kemampuan menawarkan barang dan trik memikat konsumen dengan santun. Selain itu mereka pun diberi keuntungan dari penjualannya misalnya 10 % dari harga jual, sehingga akan memupuk semangat untuk berjualan dan secara tidak langsung kita pun sudah membuka lahan pekerjaan untuk orang lain.

Langkah ketiga, mencari relasi yang dapat dipercaya. Relasi yang saya maksud disini adalah produsen pakaian. Hal ini sangat diperlukan apabila kita tidak bisa kulakan langsung, hanya mengandalkan pemesanan via telpon dan internet. Untuk itulah diperlukan relasi yang bisa dipercaya dan mau diajak kerjasama.

Langkah keempat, manajemen keuangan yang baik. Seringkali para pengusaha gulung tikar karena modal usaha terpakai oleh konsumsi pribadi. Supaya usaha bisa bertahan lama maka harus  diusahakan tidak memakai modal untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Setiap bulan dihitung dengan cermat keuntungan yang didapat. Antara modal dan keuntungan disimpan ditempat yang berbeda walaupun jumlahnya tidak banyak. Hal ini akan mendisiplinkan kita dalam penggunaan uang.

Langkah kelima, senantiasa mencari inovasi baru. Hal ini sangat penting bagi siapa saja pelaku bisnis dengan jenis bisnis apapun. Jangan sekali-kali kita meniru produk orang, justru kita harus berusaha menciptakan produk baru. Begitu juga ketika berjualan pakaian, kita harus senantiasa mencari model-model baru untuk dipasarkan. Hal ini untuk mengurangi tingkat persaingan dan menjaga hubungan baik dengan sesama pedagang.

Bisnis apapun jenisnya adalah usaha kita untuk meraih rezeki maka jangan pernah patah semangat dan selalu optimis bahwa usaha kita akan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar